Menu

Wednesday, January 2, 2019

Halalkah Swike atau Daging Kodok?



Makanan indonesia terkenal dengan banyaknya pilihan menu makanannya, salah satunya yang sudah tidak asing lagi di telinga kita, yaitu swike.  Swike atau Swikee adalah Masakan Tionghoa Indonesia yang terbuat dari paha kodok. 

Hidangan ini dapat ditemukan dalam bentuk sup, digoreng kering, atau ditumis. Aslinya hidangan ini berasal dari pengaruh masakan Tionghoa yang masuk ke Indonesia. Istilah "swikee" berasal dari dialek Hokkian ( súi-ke) sui (air) dan ke (ayam), yang merupakan bahasa slang atau penghalusan untuk menyebut kodok sebagai "ayam air".  

Namun bagi umat Islam, tidak boleh sembarangan dalam memilih makanan. Halal dan haram merupakan persoalan yang penting dan menjadi perhatian khusus dalam syari’at Islam. Karena masalah tersebut berkaitan erat mengenai hubungan antara hamba dengan Rabb-Nya.

Apabila kita mengkonsumsi makanan yang haram maka dampak yang kita dapat adalah amalannya tidak diterima dan do’anya sulit dikabulkan oleh Allah Ta’ala. Sesungguhnya Allah Ta’ala itu maha baik, Dia tidak mau menerima amalan dari hamba-Nya kecuali yang baik pula. Sedangkan awal dari sebuah amalan baik adalah berawal dari makanan halal dan thayyib yang masuk didalam tubuh manusia.

Dewasa ini, sering ditemui di restaurant, tempat makan atau bahkan warung yang berada di pinggiran jalan menjual menu special daging katak atau yang sering kita dengar dengan sebutan menu swikee. Katak merupakan hewan amfibi. Akan tetapi, katak termasuk hewan yang digemari oleh masyarakat untuk dikonsumsi secara langsung ketika masih hidup atau sudah mati dan terkadang dijadikan sebagai obat.

Bahkan menu ini sudah menjadi makanan khas salah satu daerah di Indonesia, yaitu Purwodadi. Karena tidak sedikit dari masyarakat mengkonsumsi menu tersebut.

Halalkah Swike atau Daging Kodok?-Berangkat dari problematika di atas, katak hijaulah yang menjadi bahan baku menu swikee, namun ulama masih memperselisihkan mengenai hukum kehalalan dan pengharaman menu tersebut.


a.              Antara Katak dan Kodok

Secara definisi dalam dunia taksonomi, perbedaan antara katak dan kodok tidak memiliki arti khusus. Akan tetapi secara umum didalam kehidupan masyarakat sehari-hari, mereka mengatakan perbedaan keduanya berdasarkan beberapa segi fisik yang dimiliki.

Didalam Wikipedia diterangkan, katak dalam Bahasa Inggris: frog adalah binatang amfibi pemakan serangga yang hidup di air tawar atau di daratan, berkulit licin, berwarna hijau atau merah kecokelat-cokelatan, kaki belakang lebih panjang, pandai melompat dan berenang. Sedangkan kodok, nama lain dari bangkong Bahasa Inggris: toad, memiliki kulit yang kasar dan berbintil-bintil atau berbingkul-bingkul, kerap kali kering, dan kaki belakangnya sering pendek saja, sehingga kebanyakan bangsa katak kurang pandai melompat jauh.




b.              Pengertian Mengkonsumsi Katak

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia disebutkan bahwa makna mengkonsumsi adalah menggunakan atau memakai barang-barang yang memenuhi kehidupan, atau dengan arti lain adalah memakan. Mengkonsumsi katak berarti memakan katak hijau guna memenuhi kehidupan.

c.            Dalil Tentang Haramnya Makanan

Pada dasarnya semua makanan yang Allah Ta’ala ciptakan adalah halal kecuali ada dalil yang mengharamkannya. Seperti dalam firman-Nya:

هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُم مَّا فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا ...

“Dialah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu.....” (QS. Al-Baqarah: 26)

Kemudian seseorang tidak boleh mengatakan sebuah makanan adalah haram kecuali ada dalil yang mengharamkannya secara pasti. Seperti dalam firman Allah Ta’ala

 .....وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبَاتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبَائِثَ..... 

”...dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk....” (QS. Al-‘A’raf:157)

Ibnu Katsir dalam bukunya Tafsir al-Qur’an al-Adhim menjelaskan bahwasanya sebagian ulama berkata, sesungguhnya Allah Ta’ala menghalalkan semua makanan yang hendak dikonsumsi apabila makanan tersebut baik serta bermanfaat bagi tubuh dan agama.

Adapun semua yang diharamkan oleh Allah Ta’ala adalah makanan kotor atau buruk yang membahayakan bagi tubuh dan agama.
Dalam berfirman-Nya pula:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ
 
Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan, karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.” (QS. Al-Baqarah:126)

Apabila kita mengkaji lebih mendalam dalil dari nash Al-Qur’an dan As-Sunnah, Allah Ta’ala telah merinci makanan yang baik dan yang buruk untuk hamba-Nya. Oleh sebab itu, sebagai aplikasi ketaatan kita kepada Allah Ta’ala hendaknya memilah makanan yang halal dan thayyib untuk kesehatan badan kita.

Setelah kita mengetahui hukum asalnya makanan adalah halal disertai harus thayyib, maka dalil berikut ini berkenaan dengan makanan haram secara khusus. Terdapat banyak dalil dari Al-Qur’an dan As-Sunnah yang menerangkan tentang haramnya makanan, namun dalam makalah ini hanya beberapa yang dicantumkan. Yaitu:

Haram karena dalil Al-Qur’an

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنزِيرِ وَمَا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ وَالْمُنْخَنِقَةُ وَالْمَوْقُوذَةُ وَالْمُتَرَدِّيَةُ وَالنَّطِيحَةُ وَمَا أَكَلَ السَّبُعُ إِلَّا مَا ذَكَّيْتُمْ وَمَا ذُبِحَ عَلَى النُّصُبِ وَأَن تَسْتَقْسِمُوا بِالْأَزْلَامِ ۚ ذَٰلِكُمْ فِسْقٌ .....

“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, dan (daging) hewan yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu sembelih. Dan (diharamkan pula) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan pula) mengundi nasib dengan azlam (anak panah), (karena) itu suatu perbuatan fasik. (QS. Al-Maidah: 3)

b.      Haram karena dalil As-Sunnah

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ كُلِّ ذِي نَابٍ مِنْ السِّبَاعِ وَعَنْ كُلِّ ذِي مِخْلَبٍ مِنْ الطَّيْرِ

Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘Anhu, dia berkata, “Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam melarang untuk memakan semua binatang buas yang bertaring dan semua burung yang berkuku tajam.” (HR. Muslim, Abu Dawud, An-Nasa’i, Ibnu Majah, Imam Ahmad).

Haram karena terdapat dalil larangan untuk dibunuh

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ قَتْلِ الصُّرَدِ وَالضِّفْدَعِ وَالنَّمْلَةِ وَالْهُدْهُدِ

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata, “Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam melarang untuk membunuh burung Shurad, katak, semut dan burung Hudhud.” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, Imam Ahmad)

Haram karena terdapat dalil perintah untuk dibunuh

عَنْ سَعْد بن أَبِي وقاص: أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمَرَ بِقَتْلِ الْوَزَغِ وَسَمَّاهُ فُوَيْسِقًا

Dari Said bin Abu Waqqash Radhiyallahu ‘Anhu, bahwasanya Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam telah memerintahkan kaum muslimin untuk membunuh cecak dan beliau pun menamainya si penjahat kecil. (HR. Muslim dan Imam Ahmad)

Jenis-Jenis Katak

Disekitar kita terdapat berbagai jenis katak. Menurut masyarakat tidak semua katak dapat dikonsumsi secara bebas. Karena ada katak yang beracun dan ada beberapa katak yang dapat dikonsumsi.

Katak tergolong dalam ordo Anura, yaitu golongan amfibi tanpa ekor. Pada ordo Anura terdapat lebih dari 250 genus yang terdiri dari 2600 spesies. Berikut ini terdapat 4 jenis katak di Indonesia yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat, yaitu:

1. Rana cancrivora (katak sawah), hidup di sawah-sawah. Salah satu cirinya terdapat bercak-bercak coklat tua pada punggung dari depan sampai belakang. Ukuran badannya dapat mencapai 10 cm. Warna dagingnya putih.

2. Rana Macrondo (katak hijau), yang berwarna hijau dan dihiasi totol-totol coklat kehijauan. Badan bagian depan lebih tinggi dibandingkan badan bagian belakang. Katak ini dapat tumbuh mencapai 15 cm. Pahanya panjang dan dagingnya berwarna kekuningan. Hidup di sungai-sungai, dapat juga hidup di sawah-sawah.


3. Rana Limnocharis (katak rawa), mempunyai daging yang rasanya paling enak, ukurannya hanya 8 cm. Ciri lain dari katak ini adalah mempunyai warna kulit coklat dengan totol-totol coklat gelap.

4.    Rana Musholini (katak batu atau raksasa). Ciri khas dari katak ini adalah kepala 
 berbentuk pipih dan moncong halus berbentuk segitiga, ujung moncong ada yang runcing dan ada pula yang tumpul. Gendang telinganya terlihat jelas. 

Pada kelopak matanya terdapat bintil-bintil. Pada bagian kepala dan punggung warna kulitnya coklat kelabu muda atau kelabu hitam sampai hitam dengan bercak-bercak hitam dan coklat. Pada bagian perut warna kulitnya putih bersih dan secara umum seluruh permukaan kulitnya baik punggung maupun perut bila diraba terasa lebih halus. Katak ini hanya terdapat di Sumatera terutama Sumatera Barat. Mencapai berat 1,5 kg dan panjangnya mencapai 22 cm.

E.             Hukum Mengkonsumsi Katak

Ulama berbeda pendapat dalam menyikapi hukum mengkonsumsi katak. Ada pendapat yang melarang mengkonsumsi dan ada pendapat yang membolehkannya
.
1.      Pendapat yang melarang

Adapun ulama yang melarang untuk mengkonsumsi katak adalah Hanafiyyah, Syafi’iyyah dan Hanabilah.

Abdullah bin Abdur Rahman ad-Dimasyqi al-Utsmani asy-Syafi’i dalam kitabnya Rahmah al-Ummah fii Ikhtilaf al-Aimmah menerangkan perkataan ulama mengenai larangan mengkonsumsi katak:

Abu Hanifah mengatakan: “Tidak boleh memakan binatang laut kecuali ikan dan dari jenis binatang laut secara khusus.”

Imam Ahmad mengatakan: “Boleh memakan binatang laut kecuali buaya dan katak. Diharuskan untuk menyembelihnya kecuali ikan seperti babi laut, anjing laut, dan binatang yang jinak.”

Dan sebagian ulama Syafi’iyyah berpendapat, “Binatang laut tidak boleh dimakan kecuali ikan. Dan sebagiannya yang lain berkata: Larangan untuk memakan anjing laut, babi laut, ikan-ikan besar, tikus, kalajengking dan yang menyamai binatang darat.”

Didalam kitab yang lain, ulama Hanafiyyah dan Malikiyyah berpendapat, “Hewan yang bisa hidup di darat dan di laut haram dimakan karena termasuk khabits. Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam melarang membunuh katak, jika katak itu halal Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam tidak akan melarang untuk membunuhnya”.

Ulama Syafi’iyyah berpendapat, “Semua bangkai yang berada di air adalah halal kecuali katak”.

Ulama Hanabilah berpendapat, “Setiap hewan yang bisa hidup di darat dan di air tidak halal jika tanpa disembelih, seperti katak tidak boleh dimakan karena Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam melarang untuk membunuhnya.”

Disebutkan dalam buku Mausu’ah al-Fiqh al-Islamiy wa al-Qadaya al-Mu’ashirati, pendapat jumhur ulama selain Malikiyah adalah memakan katak hukumnya haram. Sebagaimana dalam hadist dilarangnya membunuh katak.

Hujjah yang mereka ambil adalah dari hadits Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam berikut ini,

عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عُثْمَانَ: أَنَّ طَبِيْبًا سَأَلَ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ ضِفْدَعٍ يَجْعَلُهَا فِى دَوَاءٍ فَنَهَاهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ 
قَتْلِهَا

Diriwayatkan oleh Abdurrahman bin Utsman al-Quraisy: “Bahwasanya seorang dokter bertanya kepada Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam tentang katak yang dipergunakan dalam campuran obat, maka Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam melarang membunuhnya.” (HR. Abu Dawud)

Semakna dengan hadits di atas seperti perkataan Abdullah bin ‘Amru dan Anas bin Malik.

عَن عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرُوْ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ: لاَ تَقْتُلُوْا الضَّفَادِعَ قَإِنَّ نَقِيْقَهَا تَسْبِيْحٌ

Dari Abdullah bin ‘Amru Radhiyallahu ‘Anhu, beliau berkata, “Janganlah kalian membunuh katak karena sesungguhnya bunyi suara mereka adalah tasbih”. ( Dikeluarkan oleh Baihaqi)

Perkataan lain:

عَنْ أَنَسٍ قَالَ: لاَ تَقْتُلُوْا الضَّفَادِعَ فَإِنَّهَا مَرَّتْ عَلَى نَارِ إِبْرَاهِيْمَ، فَجَعَلَتْ فِيْ أَفْوَاهِهَا الْمَاءِ، وَ كَانَتْ تَرْشُهُ عَلَى النَّارِ

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anhu, beliau berkata, “Janganlah kalian membunuh katak karena dari mulutnya keluar air yang memancar ke arah api ketika Nabi Ibrahim dibakar.

Diikat juga dalam kaidah usul fiqih yang semakna dengan beberapa hujjah di atas. Yaitu:

الأَصْلُ فِى النَّهْيِ للِتَّحْرِيْمِ

“Hukum asalnya sebuah larangan menunjukkan keharaman”

2.      Pendapat yang membolehkan

Diantara pendapat ulama yang membolehkan mengkonsumsi katak adalah pendapat Malikiyyah.

Imam Malik mengatakan: “Dibolehkan makan ikan dan selainnya seperti kepiting, katak, anjing laut, dan babi laut, akan tetapi babi laut itu menjijikkan. Dalam hal ini Imam Malik memberitahukan untuk selalu hati-hati.”

Ibnu Abdil Barr menyatakan dalam bukunya al-Kafi, “Bahwasanya menurut Mazhab Maliki membolehkan memakan daging ular apabila sudah disembelih, demikian pula daging kadal, landak dan katak. Boleh juga memakan daging kepiting, kura-kura, katak dan tidak masalah memakan ikan hasil buruan orang Majusi karena ikan tidak perlu disembelih.”

Ulama Malikiyyah berpendapat, “Boleh hukumnya memakan daging katak, serangga, kepiting, dan kura-kura, karena tidak ada dalil yang mengharamkannya. Adapun pengharaman dengan khabits, haruslah ada dalil syar’i, bukan dengan pendapat manusia. Jadi, hewan-hewan yang dianggap khabits oleh manusia hukumnya tidak haram, selama tidak ada dalil yang mengharamkannya.”

Adapun hujjah yang mereka gunakan untuk membolehkan mengkonsumsi katak adalah berdasarkan keumuman dalil yang menyatakan bahwa katak teramasuk hewan laut.

Sebagaimana firman Allah Ta’ala:

أُحِلَّ لَكُمْ صَيْدُ الْبَحْرِ وَطَعَامُهُ مَتَاعًا لَّكُمْ وَلِلسَّيَّارَةِ ۖ وَحُرِّمَ عَلَيْكُمْ صَيْدُ الْبَرِّ مَا دُمْتُمْ حُرُمًا

“Dihalalkan bagimu binatang buruan laut dan makanan (yang berasal) dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu, dan bagi orang-orang yang dalam perjalanan dan diharamkan atasmu (menangkap) binatang buruan darat, selama kamu dalam ihram.” (QS. Al-Maidah: 96)

Keumuman dalil di atas diperkuat dengan hadits Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam tentang lautan:

 هُوَ الطَّهُورُ مَاؤُهُ وَ الْحِلُّ مَيْتَتُهُ

"Laut itu suci airnya dan halal bangkainya." (HR. an-Nasa’i, Ibnu Majah, Abu Dawud, at-Tirmidzi, Ahmad).

Ibnu al-‘Arabi berkata: “Peringatan untuk memakan hewan yang hidup di darat dan di air, karena terdapat dalil yang saling bertentangan antara kehalalan dan keharamannya, maka sebagai bentuk kehati-hatian hendaklah mengambil dalil yang haram.”

Terdapat dua masalah utama mengenai konsumsi kodok di Indonesia; yaitu masalah agama dan lingkungan. Dalam aturan pangan Islam, mayoritas mazhab dalam hukum syariah menganggap daging kodok bersifat haram (non-halal).

Masuknya daging kodok dalam kategori haram didasari dua pendapat; makanan yang boleh dikonsumsi tidak boleh menjijikkan, dan adanya larangan untuk membunuh kodok serta binatang lain seperti semut, lebah, dan burung laut bagi umat Muslim.

Status haram daging kodok ini menuai kontroversi, seperti contoh kasus di Demak, di mana Bupati mendesak para pengusaha restoran swike untuk tidak mengkaitkan swike dengan Demak. Hal ini karena dianggap dapat mencoreng citra Demak sebagai kota Wali dan kota Islam pertama di pulau Jawa, serta kebanyakan warga Demak adalah pengikut mazhab Syafi'i yang mengharamkan daging kodok. 

Sesungguhnya dalam aturan pangan Islam terdapat perbedaan dalam memandang masalah halal atau haramnya daging kodok. Kebanyakan mazhab utama dalam Islam seperti mazhab Syafi'i, Hanafi, dan Hambali.

secara jelas melarang konsumsi daging kodok, akan tetapi mazhab Maliki memperbolehkan umat Islam untuk mengkonsumsi kodok tetapi hanya untuk jenis tertentu,  yaitu hanya kodok hijau yang biasanya hidup di sawah, sementara kodok-kodok jenis lainnya yang berkulit bintil-bintil seperti kodok budug tidak boleh dikonsumsi karena beracun dan menjijikkan. 


Terus bagai mana dengan sikap MUI selaku lembaga yang dijadikan rujukan fatwa di Indonesia?.. dilansir dari detik.com terkait kehalalan daging Kodok diperoleh informasi sebagai berikut "Terkait katak atau kodok dan ada beberapa jenis lain, MUI secara khusus pernah melakukan pengkajian," kata Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Ni'am dalam perbincangan dengan detikcom, Selasa (2/5/2017).

Ni'am mengatakan binatang yang hidup di dua alam haram dikonsumsi, sekalipun binatang itu suci dan bisa dikembangbiakkan.

"Para ulama beda pendapat. Tapi jumhur (mayoritas ulama) menyatakan itu terlarang. Tapi MUI juga mengakui ada mazhab yang menyatakan daging katak atau kodok bisa dikonsumsi," kata Ni'am.

Lalu apa kesimpulan dari kajian MUI tersebut? Ni'am mengatakan MUI mengimbau agar daging katak sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi mengingat adanya perbedaan pandangan para ulama.

"Fatwanya sudah ada. Mengimbau untuk memilih makanan konsumsi yang aman secara kesehatan dan keluar dari perbedaan pandangan fuqoha (ahli fikih). Kalau bisa dihindari, ya dihindari. Begitu, ya. Karena terjadi perbedaan pandangan di kalangan ulama," kata Ni'am.

Kajian MUI itu juga menyimpulkan hal lain di samping soal konsumsi, yakni pengembangbiakan katak. Untuk poin kedua ini, MUI memberikan lampu hijau sepenuhnya.

"Membudidayakan untuk kepentingan nonkonsumsi, seperti untuk menggemburkan tanah dan lain-lain, itu diperkenankan," ujarnya.

Para aktivis lingkungan mendesak dibatasinya konsumsi kodok — terutama kodok liar yang bukan hasil peternakan — karena arti penting kodok bagi ekosistem. Para ahli konservasi mengingatkan bahwa kodok dapat mengalami nasib sama seperti ikan kod, permintaan kuliner yang berlebihan dapat mengurangi populasi kodok regional secara hebat sehingga tidak dapat dipulihkan seperti sediakala. Seperti kebanyakan hewan amfibia, kodok dengan kulitnya yang tipis, basah dan berlendir sangat peka dan rentan terhadap perubahan lingkungan dan pencemaran. Populasi amfibia dunia terancam berkurang karena hancurnya habitat, kerusakan lingkungan, dan pencemaran.

Dapat disimpulkan bahwasanya hukum mengkonsumsi katak masih diperselisihkan, akan tetapi menurut mayoritas ulama adalah haram, baik ketika masih hidup atau sudah mati, dimasak ataupun dijadikan sebagai obat. Katak termasuk hewan yang buruk untuk dikonsumsi, maka Allah Ta’ala tidak menyuruh hamba-Nya untuk mengkonsumsi makanan yang buruk. Indonesia kaya akan keaneka ragaman kuliner jadi mending pilih menu lainnya yang tidak meragukan ke halalannya yang tentunya tidak kalah lezatnya.


Wallahu A’lam bish Showab




SPN 

Tuesday, January 1, 2019

Kisah Timun Emas Dan Buto Ijo


 


Pada zaman dahulu kala, hiduplah sepasang suami istri petani yang sudah paruh baya. Mereka tinggal di sebuah desa di pinggir hutan. Mereka sangat rajin dalam bertani namun sayang belum dikaruniai seorang anak sehingga merasa kesepian dan tidak ada penerus ahli warisnya.
 

Setiap malam mereka berdoa pada Yang Maha Kuasa. Mereka berdoa agar segera diberi seorang momongan. Pada suatu malam ketika sedang kusyu berdoa terdengarlah suara menggelegar tanpa wujud dari langit.

“Hai Pak Tani aku mendengarkan kesusahanmu cari dan makanlah buah mentimun emas sebagai obat agar istrimu bisa hamil dan mempunyai anak” mendengar suara tersebut sepasang petani inipun menjadi gembira dan akan berusaha menuruti perintah dari langit tersebut.


Hari demi hari sepasang suami istri petani itupun rajin makan mentimun emas  “Pak, kayaknya saya mau hamil udah beberapa hari ini rasanya mual” kata Ibu Tani kepada suaminya “Apa benar mak’e coba tunggu satu bulan nanti kita periksakan ke dukun bayi seberang desa”.

Selang satu bulan Pak Tani dan Bu Tani itupun menuju dukun bayi kampung diseberang desa “ Wah pak, istrinya hamil, selamat ya” betapa gembiranya keluarga itu mendengar kabar tesebut, doanya terkabul dan akan segera mendapatkan momongan.

Bulan demi bulan sepasang keluarga petani itu pun di lingkupi kebahagiaan, persiapan melahirkan untuk sijabang bayi pun sudah dilengkapi.  Sampai tibalah waktunya istri petani itu melahirkan “Owe…owe…owe “ istri petani itu pun melahirkan dibantu dukun bayi kampung betapa bahagianya keluarga petani itu dikarunia seorang bayi perempuan yang mungil dan cantik.

Tapi nun jauh didalam lebatnya hutan belantara tinggalah raksasa yang sangat jahat dan bengis bernama “Buto Ijo” yang selalu memakan daging manusia tiap tahunnya sebagai santapannya  untuk ritual sesembahannya agar hidupnya tetap abadi.

“Wah ada bau darah bayi yang baru lahir, cocok sekali kalo aku jadikan santapan” kata buto ijo, maka keluarlah buto ijo itu dari lebatnya hutan untuk mendatangi sumber bau darah bayi tersebut.

“Hai Pak Tani, serahkan bayimu untuk aku makan” kata buto ijo dari luar rumah, Pak Tani pun langsung keluar rumah dilihatnya sosok Buto Ijo sudah berdiri di luar rumah “ ampun buto ijo, bayi ini adalah anaku satu-satunya, ijinkan aku menimangnya sampai dewasa baru lah nanti aku serahkan kepadamu” kata Pak Tani sambil gemeteran, “ Ehmmm, baiklah aku tunggu sampai usia 17 tahun nanti aku datang lagi” kata Buto Ijo sambil pergi kembali ke dalam hutan belantara.


Tahun demi tahun berlalu Timun Mas tumbuh menjadi gadis yang cantik, pintar, dan taat pada agama. Kedua orang tuanya sangat bangga padanya. Tapi mereka menjadi sangat takut. Karena pada ulang tahun Timun Mas yang ke-17, sang  Raksasa Buto Ijo datang kembali. Buto ijo itu akan menangih janji untuk mengambil Timun Mas, tiap malam keluarga petani itu berdoa terus agar keluar dari cobaan yang berat tersebut. 


Kancil Dan Siput Balap Lari

“ Wahai Pak Tani aku mendengar doamu yang sedang di timpa kemalangan ambilah duri dari bambu ori (jenis bambu yang berduri), terasi, dan garam lalu bungkuslah dengan kain dan berikan kapada Timun Mas sebagai senjata” terdengar suara dari langit memberi perintah kepada Pak Tani, Pak Tani pun segera memenuhi perintah dari langit tersebut. 

Petani itu segera menemui anaknya. “Anakkku, ambillah ini,” katanya sambil menyerahkan sebuah kantung kain. “Ini akan menolongmu melawan Buto Ijo. Jika Buto Ijo itu datang larilah secepat mungkin, dan lemparlahlah salah atu benda dikantong kain itu” lanjut kata Pak Tani.
 

Pak Tani pun melihat ke arah hutan dilihatnya pohon bergoyang-goyang karena langkah Buto Ijo “ larilah anakku lari… si Buto Ijo telah datang lari nak” kata Pak Tani, Timun Mas pun langsung lari suami istri itu sedih atas kepergian Timun Mas. Tapi mereka tidak rela kalau anaknya menjadi santapan Raksasa Buto Ijo.  

Melihat timun mas lari si Buto Ijo pun langsung lari mengejarnya. Buto Ijo semakin dekat. Timun Mas segera mengambil segenggam garam dari kantung kainnya. Lalu garam itu ditaburkan ke arah Buto Ijo. Tiba-tiba sebuah danau  yang luas pun terhampar. Buto Ijopun tercebur dan terpaksa berenang dengan susah payah.

Timun Mas berlari lagi. Tapi kemudian Buto Ijo pun hampir berhasil menyusulnya. Timun Mas kembali mengambil benda ajaib dari kantungnya. Ia mengambil segenggam duri bambu ori, duri itu dilemparnya ke arah raksasa. Seketika bambu ori  dengan duri yang tajam memerangkap Buto Ijo. Buto Ijo berteriak kesakitan karena tertancap duri bambu. Sementara Timun Mas berlari menyelamatkan diri.


Tapi Buto Ijo sungguh kuat. Ia lagi-lagi hampir menangkap Timun Mas. Maka Timun Mas pun kembali melarikan diri. Ia berlari sekuat tenaga. Tapi lama kelamaan tenaganya habis. Buto Ijo lagi-lagi hampir menangkapnya. Timun Mas sangat ketakutan. Ia pun melemparkan senjatanya yang terakhir, segenggam terasi udang. Lagi-lagi terjadi keajaiban sebuah rawa lumpur hisap (lemah mbel-jawa red) yang luas terhampar. 


Buto Ijo terjerembab ke dalamnya dia pun sekuat tenaga keluar dari lumpur, tangannya hampir menggapai Timun Mas, namun karena si Buto Ijo telah kelelahan  maka sudah kehabisan tenaga untuk keluar dari hisapan lumpur tersebut Buto Ijopun panik. Ia tak bisa bernapas, lalu tenggelam kedasar lumpur.

Timun Mas lega. Ia telah selamat. Timun Mas pun kembali ke rumah orang tuanya. Ayah dan Ibu Timun Mas senang sekali melihat Timun Mas selamat. Mereka menyambutnya. “Terima Kasih, Tuhan. Kau telah menyelamatkan anakku,” kata mereka gembira.

Sejak saat itu Timun Mas dapat hidup tenang bersama orang tuanya. Mereka dapat hidup bahagia tanpa ketakutan lagi.


Demikianlah seklumit dongeng sebelum tidur turun temurun yang diceritakan dari generasi ke generasi orang tua kita sabagai pengantar tidur anaknya sekaligus sebagi pesan moral dari orang tua kepada anaknya.


SPN